Pilih mana? Program FTP atau cPanel File Manager

Untuk mentranfer file dari komputer ke hostingan kita membutuhkan program FTP (File Transfer Protocol). FTP favorite saya adalah FileZilla, saya menggunakan program tersebut untuk download maupun upload file ke server.

Bila hosting kita meiliki fasilitas cPanel dengan File Manager yang mendukung Compress dan Extract maka kita bisa menghemat waktu dan bandwidt dengan mendownload dan mengupload file dalam format zip.

Untuk mendownload dan mengupload file zip tersebut pilih saja mana yang lebih cepat FTP atau cPanel File Manager.

Pengalaman saya File Manager agak lebih lambat dibanding FTP.

Untuk file yang kecil saya menggunakan cPanel File Manager bila file zip-nya besar saya gunakan FileZilla.

Membuka cPanel File Manager

Login ke cPanel, kemudian klik icon "File Manager".

cPanel File Manager

Tandai "Show Hidden Files (dotfiles)" untuk menampilkan file tersembunyi seperti htaccess.

Akses File Manager

Bila di hosting kita hanya ada satu domain saja tandai "Web Root (public_html/www)" namun bila ada domain dan subdomain lainya tandai "Document Root for:" kemudian pilih domain atau subdomain yang akan di telusuri. Agar jendela ini tidak muncul setiap kali mengakses File Manager tandai "Skip this question"

Klik "Go"

Maka akan terbuka jendela baru persis seperti Windows Explorer inilah yang disebut dengan File Manager. Di dalam File Manager ini kita bisa membuat folder dan file yang baru, mengcopy, memindahkan, mengedit, download/upload termasuk mengekstrak dan mengompres file.

Sebagai contoh untuk mengompress "wp-content" untuk dipindahkan ke hosting yang baru atau ke localhost di komputer kita. Kita cukup mengklik kanan folder tersebut kemudian pilih "Compress"

File Manager Kompres

Kemudian klik kanan file ZIP tersebut dan pilih "download" atau gunakan program FTP untuk mendownload.

Di Localhost ekstrak file tersebut menggunakan Winzip arau Winrar. Jila ingin memindahkan ke hosting lain atau ingin mengupdate file-file yang ada di server, upload file zip tersebut dengan Program FTP atau File Manager. Kemudian didalam File Manager klik kanan file Zip tersebut dan klik "Exstract"

File Manager Ekstrak

Done.

Cara ini saya lakukan semenjak Motorola Canopy Wireless Broadband saya di sambar petir yang kecepatannya 0.5-1M Mbps dan saat ini terpaksa menggunakan Modem GSM yang kecepatannya kadang jalan di tempat. Oh nasib…

Posted on May 12th, 2011 in Hosting – cPanel by Masim man

No Related Post Found.

Post a comment

Back to top