Update Apache Server untuk PHP VC9

Apache 2.2.19Meng-update Apache Server agar bisa menggunakan PHP yang di kompilasi dengan Visual Studio 2008 (VC9) di Ms Windows.

Ketika kita berada di halaman download PHP kita akan melihat bahwa PHP 5.3.6 hanya ada yang VC9, dan menurut informasi yang saya baca di
wiki.php.net dinyatakan bahwa versi 5.3.x merupakan versi terakhir dengan VC6 sedangkan selanjutnya hanya dengan VC9.

Dengan kata lain PHP 5.3.5 merupakan versi yang terakhir dengan VC6 sedangkan PHP 5.3.6+ hanya akan dikompilasi dengan VC9.

Jadi untuk menggunakan PHP 5.3.6 VC9 ini kita harus menggunakan Apache server yang mendukung VC9 juga yang dapat di download di apachelounge.com

Ketika tulisan ini ditulis versi yang ada adalah httpd-2.2.19-win32-x86-ssl.zip.

Agar update ini berjalan dengan lancar dianjurkan untuk mendownload versi yang persis sama dengan apache.org yang terinstal sebelumnya.

Setelah selesai di download dengan Winzip ekstrak file tesebut ke sebuah folder.

Untuk dapat menggunakan Apache 2.2.19 ini, Visual C++ 2008 Redistributable Package harus ter instal di komputer kita. Jika belum ikuti link berikut untuk mendownload:

Ms Visual C++ 2008 Redistributable Package (x86).

Update: Untuk Apache Versi 2.2.22 gunakan Visual C++ 2008 SP1 Redistributable Package.

Ms Visual C++ 2008 Redistributable Package (x86).

Berikut adalah cara meng-Update Apache server.

Bagi anda yang baru menginstal Apache server, saya sarankan untuk mengikuti cara menginstal Apache server, ikuti petunjuk-petunjuknya sampai berhasil. Sebelum berhasil, jangan lanjut kebagian ini.

Dari icon Apache di Taskbar hentikan Apache server dengan klik kiri kemudian pilih “Stop”. Buka Task Manager dengan menekan “Ctr+Alt+Del” secara bersamaan. Kemudian dari menu tab Processes cari dan klik “Apache Monitor.exe” klik tombol “End Proses” akan muncul jendela peringatan pilih saja “Yes”.

Sekarang buka Windows Explorer, buat salinan atau backup “httpd.conf” yang ada di “C:\Apache\conf\httpd.conf” selanjutnya hapus file dan folder yang ada di “C:\Apache” tersebut kecuali folder php, mysql dan temp bila anda sudah menginstal PHP dan MySQL persis seperti tutorial yang ada di blog ini.

Kemudian pindahkan semua file dan folder dari folder Apache yang telah diektrak tadi ke “C:\Apache\”, ganti “httpd.conf” yang ada di “C:\Apache\conf\httpd.conf” dengan salinan atau backup yang telah anda buat.

Dengan Windows Explorer buka folder “C:\Apache\bin” didalam folder tersebut klik dua kali “ApacheMonitor.exe” maka secara otomatis anda akan melihat iconnya muncul kembali di taksbar, klik kiri icon tersebut dan pilih “Start”.

Sekarang anda sudah bisa menginstal PHP yang VC9 dengan mengikuti langkah-langkah di cara menginstal PHP.

That’s all for now, enjoy your day…

Posted on February 24th, 2011 in Local Server by Masim man

Post a comment

5 Responses to “Update Apache Server untuk PHP VC9”

  1. Pingback: Cara menginstal PHP 5.2.5

  2. habibullah said:

    mas saya sudah install apache 2.2.22-win32-x86-openssl-0.9.8t terus saya update pake httpd-2.2.22-win32-ssl-0.9.8 lengkap dengan ms visual c++ 2008 redistributable package (x86)beserta update sp1nya dengan alasan php yang mau saya install php5.3.13-win32-vc9-x86, awalnya apachenya normal tapi setelah mengedit php.ini dan httpd.conf persis seperti yang mas sarankan apachenya ngga jalan. saya juga sudah menambahkan directory php pada variable value di environment variable. yang mau saya tanyakan:
    1. maching apa ngga sih apache yang saya install sama php yang saya install?
    2. apakah environment variable di load pada saat windows booting, pengaruhnya terhadap windows apa kalau service apachenya di disable?

    windos yang saya pake xp sp2

  3. habibullah said:

    oh iy saya juga sudah apgrade apache sesuai petunjuk, tapi saya menemukan keunikan setelah saya ekstrak file httpd-2.2.22-win32-ssl_0.9.8 kedalam folder C:\Apache ternyata tidak mau apachenya tidak mau jalan persoalanya file yang saya ekstrak tadi ternyata masih mempunyai folder sendiri yaitu apache2 jadi tepatnya C:\Apache\apache2. setelah saya pindahkan file di dalam apache2 yang berisi updat-an apache kedalam folder apache ternyata apachenya jalan lagi, baru persoalan yang saya postkan duluan muncul. mohon pencerahannya mas!

    • Masim man said:

      Untuk versi yang kamu gunakan tidak ada masalah karena sudah saya coba dan berjalan dengan baik.

      Untuk path environment variable komputer harus direstart (booting) agar system dapat membaca pengaturannya.

      Agar problemnya dapat diketahui lebih spesifik coba diedit ulang pengaturan apachenya. Setiap memasukkan satu persatu baris pengaturannya, coba servernya direstart. Nanti akan ketahuan pengaturan mana yang membuat servernya tidak bekerja.

  4. Pingback: install server | ciakcvie

Back to top